Home » » Pantai Papuma Jember, Pantai Terindah di Jawa Timur

Pantai Papuma Jember, Pantai Terindah di Jawa Timur

Posted by Serba Serbi on Sunday 5 April 2015

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui kalau Jawa Timur mempunyai banyak pantai yang eksotis, selain Pantai Lenggoksono yang pernah saya tulis kemarin (http://mampirsinisaja.blogspot.com/2015/03/keindahan-pantai-di-malang-selatan.html) ini ada pantai yang satu lagi yang tidak kalah indahnya, bahkan pantai ini lebih indah daripada pantai di Jawa Timur lainnya. Pantai tersebut adalah Pantai Papuma. Papuma merupakan kepanjangan dari "Pasir Putih Malikan" atau yang biasa terkenal dengan sebutan Pantai Malikan saja karena di pantai tersebut banyak bebatuan karang yang besar. 


Pantai Papuma berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Propinsi Jawa Timur. Jarak Pantai dengan kota Jember sekitar 45 km. Waktu tempuh dari Surabaya ke kota Jember sekitar 5 jam dan dari Kota Jember ke Pantai Papuma sekitar 1 jam. Jadi total waktu tempuh sekitar 6 jam. Tapi itu tidak 100% benar, karena hal itu tergantung medan perjalanan, macet atau tidak.

Selama perjalanan menuju Pantai Malikan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya seperti sawah, perkebunan, pohon jati dan perbukitan yang hijau.













Untuk menuju Pantai Malikan kita harus menggunakan kondisi kendaraan yang bagus karena perjalanan menuju Pantai Malikan kita akan disuguhkan jalan yang rusak dan berbukit yang kadang-kadang dibeberapa bagian jalan lumayan terjal dengan kemiringan yang mengharuskan kita harus ekstra hati-hati untuk menuju ke Pantai Papuma tersebut. 

Untuk memasuki lokasi Pantai Pasir Putih Malikan kita dikenakan biaya 17.500 per orang untuk hari sabtu dan minggu dan 15.000 untuk hari biasa. Sebelum sampai lokasi pantai kita bisa melihat dari atas perjalanan menuju ke pantai tersebut.



Sesampainya di Pantai Malikan, rasanya sudah tidak sabar mau menginjakkan kaki di pasir putih Pantai Papuma dan bermain air di pantai tersebut.


Di Pantai Malikan ada tempat penyewaan tikar dan bantal. Sewa tikar adalah 10.000/tikar (lebih hemat kalau berlibur bersama keluarga bawa tikar sendiri..hehhehe). Tidak lama di Pantai Malikan saya langsung menyewa perahu dengan harga sewa 20.000/orang dengan fasilitas menggunakan baju pelampung. Selain perahu, di pantai Papuma juga ada wahana permainan banana boot. Untuk menikmati banana boot harga sewanya lumayan murah daipada tempat lain yaitu cuma 30.000 (tapi sayangnya kemarin saya tidak menikmati wahana tersebut).









Selama perjalan naik perahu kita bisa mengabadikan keindahan Pantai Papuma dari tengah-tengah pantai yang luar biasa indahnya.






















Pantai Papuma mempunyai hamparan pasir yang berwarna putih dan batu karang banyak yang menjadi ciri khas dan daya tarik pantai ini.















Selain itu pantai Papuma juga mempunyai ombak yang lumayan besar.





Di Pantai Papuma terdapat seperti bukit yang namanya Setinggil. Untuk mencapai Setinggil kita harus mendaki anak tangga yang lumayan menguras tenaga. Dari Setinggil kita bisa melihat keindahan Pantai Papuma lebih luar biasa.















Setelah melihat foto-foto di atas, Pantai Pasir Putih Malikan sungguh menakjubkan bukan? Jadi tidak heran jika Pantai Papuma termasuk 10 besar Pantai terbaik di Indonesia yang menjadi pilihan wisatawan yang dikutip dari TripAdvisor. Berikut adalah 10 pantai tersebut :
1. Pantai Nusa Dua, Bali.
2. Pantai Padang-Padang, Pecatu, Bali.
3. Pantai Balangan, Kuta, Bali.
4. Pantai Tanjung Aan, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
5. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung.
6. Pantai Pasir Putih, Karang Asem, Bali.
7. Pantai Jemeluk, Amed, Bali.
8. Pantai Pink, Komodo, Nusa Tenggara Timur.
9. Pantai Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur.
10. Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur.

Yang ngaku anak pantai, ayo kunjungi ke sepuluh pantai tersebut dan rasakan keindahan pantai-pantai tersebut.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}