Home » » Keindahan Pantai Lenggoksono di Malang Selatan

Keindahan Pantai Lenggoksono di Malang Selatan

Posted by Serba Serbi on Monday 9 March 2015


Pantai Lenggoksono merupakan salah satu pantai yang luar biasa indahnya yang terletak di pesisir selatan  tepi Samudra Indonesia dan termasuk daerah Kabupaten Malang tepatnya lagi Dusun Lenggoksono, Desa nya Purwodadi, dan Kecamatan Tirtoyudo. Untuk menuju pantai Lenggoksono dari Malang Kota kita dapat melewati daerah Dampit untuk menuju daerah Tirtoyudo. 

Medan jalan dari daerah Tangsi, Tirtoyudo ke Lenggoksono Purwodadi sudah beraspal, hanya saja lebar jalannya sangat sempit. Sepanjang perjalanan menuju pantai, kita harus melalui jalanan yang berkelok-kelok. Jalannya banyak belokan yang tajam dan menanjak serta menurun yang sangat curam. Bahkan lebih ekstrimnya terdapat jurang yang sangat curam di sebelah kanan & kiri. Jadi diperlukan kondisi mobil yang terawat dan siap melalui jalanan yang menanjak dan menurun hebat supaya tidak mogok. Dan keahlian mengemudi sangat diperlukan hal ini. 

Sekitar 5 km jalan yang akan masuk Desa Purwodadi keadaan jalannya mulai rusak, tapi ada beberapa jalan yang sudah dicor semen sampai ke bibir pantai. Sepanjang perjalanan kita bisa menyaksikan perkebunan cengkeh dengan tinggi pohon mencapai 15 meter. Oleh karena itu tidak heran bila Desa Purwodadi menjadi sentra produsen cengkeh yang terbesar di Kabupaten Malang.
 
Ketakutan akan jalan yang ekstrim akan hilang begitu saja karena sepanjang perjalanan kalian bisa melihat pemandangan sekitar kanan dan kiri jalan yang sangat luar biasa indahnya.







Pemandangan Pantai Lenggoksono sangat indah dan menyejukkan mata pengunjung. Pantai Lenggoksono mempunyai hamparan pasir putih yang melingkar dan dikelilingi 2 tebing yang besar, indah dan hijau karena banyak tumbuhan yang rindang dan batu-batuan besar yang sangat besar dan bentuknya unik. Bagi orang yang mempunyai hobi memancing, Pantai Lenggoksono memberikan banyak tantangan. Karena Pantai Lenggoksono nyaman, dan ikannya banyak. Ombak Pantai Lenggoksono mempunyai deburan ombak yang lumayan besar dan indah seperti berkejar-kejaran. Banyak batu-batuan kecil yang tersebar di sepanjang tepi Pantai Lenggoksono. Tapi pantai ini tidak terawat karena Pantai Lenggoksono masih ada sampah-sampah yang berserakan di tepi pantai Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono mempunyai potensi ikan, dan juga menjadi daerah untuk konservasi lobster pasir, lobster mutiara & lobster batu. Di daerah Pantai Lenggoksono terdapat Pulau Gadung yang terdapat goa lobster yang merupakan sarang lobster selalu dijaga dan diawasi oleh masyarakat dan nelayan sekitar dari kenakalan nelayan yang akan menangkap lobster dengan menggunakan potasium. Oleh karena itu Pulau Gadung sampai saat ini tetap menjadi goa lobster yang menjadi tempat bertelurnya lobster yang sangat indah & tetap terjaga dengan baik. Sehingga Kementerian Perikanan dan Kelautan menunjuk Pantai Lenggoksono menjadi wilayah ekowisata.














Pantai Bolu-bolu seperti pantai yang tidak berpenghuni, karena masih jarang orang yang berkunjung ke pantai Bolu-bolu. Karena untuk kesana wisatawan diwajibkan menyeberang laut. Pantai Bolu-bolu dipenuhi dengan pasir putih. Ombak Pantai Bolu-bolu sangat tenang, dan airnya jernih tapi karang-karang di Pantai Bolu-bolu tidak dapat terlihat dari atas permukaan air karena begitu dalamnya Pantai Bolu-bolu. Di tepi Pantai Bolu-bolu terdapat bebatuan karang yang tersusun terstruktur dan unik yang menambah begitu indah dan eksotisnya Pantai Bolu-bolu.

 

















Selain Pantai Bolu-Bolu, kita juga bisa snorkling di Pantai Kletakan. Dengan snorkling kita bisa menyelam dibawah laut untuk melihat keindahan terumbu karang yang berada di bawah laut dan berinteraksi langsung dengan ikan-ikan yang ada di Pantai Kletakan. Tapi sayangnya ikan dan terumbu karangnya tidak kelihatan dari atas permukaan laut. Mungkin karena dalamnya air di








Tidak jauh dari Pantai Lenggoksono, juga terdapat air terjun yang menjorok ke tengah laut. Air terjun itu terkenal dengan sebutan Banyu Anjlok. Banyu Anjlok merupakan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Keindahan dari air terjun Banyu Anjlok tidak ada tandingannya. Air yang mengalir di Banyu Anjlok berasal dari mata air yang bersumber dari bukit, kemudian mengalir ke tebing batu karang yang tinggi setinggi 7 meter. Air dari air terjun Banyu Anjlok mengalir ke bawah tidak hanya dalam 1 titik, tapi menyebar ke seluruh lebar batu karang, hal itu menyebabkan air terjun Banyu Anjlok terlihat begitu indahnya. Airnya yang bersih, jernih, dingin dan tawar. Pengunjung mandi di air terjun Banyu Anjlok setelah kita bermain air pantai di Pantai Bolu-bolu dan Snorkling di Pantai Kletakan yang rasanya asin. Di air terjun Banyu Anjlok kita bisa merasakan sensasi segarnya air bukit di tengah-tengah air pantai yang asin rasanya.


















Untuk menuju ketiga tempat wisata tersebut, pengunjung Pantai Lenggoksono harus mengeluarkan uang sejumlah Rp 50.000,- untuk naik perahu untuk mengantarkan kita ketiga tempat wisata itu. 


Ketika kita naik perahu menuju ke Pantai Bolu-bolu, Pantai Kletakan dan Air terjun Banyu Anjlok kita harus hati-hati karena ombak Pantainya lumayan besar. Kita harus menggunakan baju pelampung untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Di tengah-tengah pantai kalian bisa menikmati begitu indahnya Pantai Lenggoksono yang dikelilingi tebing-tebing yang menambah keindahan dan keasrian serta keeksotisan pantai Lenggoksono. Kalian juga bisa mengabadikan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya Pantai Lenggoksono dengan kamera/video yang kalian bawa.






Perjalanan yang melelahkan dan jauh terbayar dengan keindahan, keasrian dan keeksotisan Pantai Lenggoksono, Pantai Bolu-Bolu, Pantai Kletakan dan Air Terjun Banyu Anjlok.

SELAMAT BERLIBUR...
HAVE FUN


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}