Home » » Manfaat Ampuh Daun Sirih

Manfaat Ampuh Daun Sirih

Posted by Serba Serbi on Friday 6 March 2015


Daun sirih adalah daun yang bisa digunakan untuk pengobatan herbal yang telah lama dipakai banyak warga Indonesia untuk pengobatan. Tanaman merambat yang satu ini pada zaman dahulu digunakan masyarakat dengan cara dikunyah dengan gambir, pinang & kapur. Daun sirih juga digunakan untuk mengadakan berbagai upacara adat.


Daun sirih tidak hanya digunakan untuk pengobatan, daun sirih juga telah lama digunakan untuk perawatan tubuh kaum hawa. Daun sirih pada umumnya digunakan untuk pembersih bagian kewanitaan kaum hawa. Di negara India, daun sirih dimanfaatkan untuk afrodisiak atau sebagai obat perangsang secara alami. Tapi masih banyak lagi kegunaan lain dari daun sirih untuk wanita.

Berikut beberapa manfaat dari daun sirih :

1. Mengatasi gatal-gatal
Bila kulit kalian terasa gatal karena alergi ataupun masalah kulit yang lain, sebelum gatalnya makin parah & membekas di permukaan kulit, alangkah baiknya kalian mengobati menggunakan daun sirih.

Ambillah beberapa lembar daun sirih sekitar 10-12 lembar, rebus dengan menggunakan air panas. Begitu daun sirih sudah layu, api segera dimatikan. Pakailah air rebusan dari daun sirih untuk mandi dengan cara dicampurkan dengan air mandi kalian. Kalian juga dapat menggunakan air rebusan tadi untuk merendam tangan ataupun kaki yang gatal-gatal yang disebabkan oleh masalah kulit. Zat anti inflamasi & anti septik yang dikandung oleh daun sirih akan bisa mengurangi rasa gatal dan  bisa menyembuhkan pembengkakan yang disebabkan oleh gatal-gatal.

2. Menyembuhkan jerawat
Sifat anti bakteri dan anti septik yang dikandung oleh daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat. 

Pakailah handuk yang bersih, celupkan handuk ke dalam air daun sirih dan  pakailah untuk mengusap wajah kalian yang berjerawat. Bila kalian lebih menginginkan yang praktis maka langsung saja gunakan air daun sirih yang masih hangat untuk membasuh muka kalian.

3. Menyembuhkan luka bakar
Daun sirih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar yang ringan. Ambillah daun sirih 2-3 lembar daun sirih yang masih segar. Cucilah sampai bersih lalu remas-remaslah. Tambah sedikit madu organik & tempel di kuIit yang terbakar. Madu dan daun sirih akan mengurangi rasa perih yang disebabkan oleh luka bakar dan mengurangi inflamasi.

4. Menghilangkan bau badan
Daun sirih dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak enak. Aroma yang harum pada daun sirih yang pekat akan mengurangi aroma tubuh yang tidak enak. Sifat anti bakteri yang dikandung oleh daun sirih bisa membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan bau badan tidak sedap.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}