Home » » Candi Sukuh Karanganyar

Candi Sukuh Karanganyar

Posted by Serba Serbi on Sunday 15 February 2015


Candi Sukuh merupakan kompleks candi yang bercorak agama Hindu yang berada di Desa Berjo,  Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Candi Sukuh ini termasuk candi Hindu dikarenakan di candi tersebut telah ditemukan obyek pujaan lingga & yoni. Candi Sukuh ini dianggap sebagai candi yang kontroversial dikarenakan bentuknya kurang lazim & alat-alat kelamin manusia digambarkan secara eksplisit di beberapa figur candi tersebut.


Candi Sukuh berlokasi di lereng kaki Pegunungan Lawu Karanganyar di ketinggian sekitar 1.186 m di atas permukaan laut. Tepatnya terletak di Dukuh Sukuh, Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.


Candi Sukuh diprediksikan telah dibangun pada akhir abad yang ke 15 Masehi. Berbeda dengan pada umumnya Candi Hindu di Propinsi Jawa Tengah, arsitektur Candi Sukuh ini disebut-sebut menyimpang dari peraturan-peraturan pada kitab pedoman untuk pembuatan bangunan suci agama Hindu, Kitab Wastu Widya. Menurut peraturannya, sebuah candi Hindu harus mempunyai denah dasar "bujur sangkar" dengan tempat yang paling suci terletak di tengahnya.

Penyimpangan arsitektur pada candi tersebut diduga dikarenakan Candi Sukuh didirikan pada masa pudarnya pengaruh agama atau paham Hinduisme di Jawa.  Pudarnya pengaruh agama atau paham Hinduisme di Jawa mengakibatkan kembali hidupnya unsur budaya sekitar dari zaman batu Megalitikum. Pengaruh dari jaman prasejarah tersebut terlihat dari bentuk bangunan Candi Sukuh yang mempunyai teras berundak. Bentuk seperti itu mirip bangunan punden berundak yang merupakan ciri utama bangunan suci pada masa jaman pra-Hindu. Ciri khas yang lain dari bangunan suci pada masa jaman pra-Hindu merupakan tempat yang paling suci terletak di bagian yang paling tinggi & belakang.


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}