Home » » Air terjun Parang Ijo Karanganyar

Air terjun Parang Ijo Karanganyar

Posted by Serba Serbi on Sunday 15 February 2015



Untuk para pecinta wisata alam, Karanganyar menyuguhkan air terjun lagi selain air terjun Grojogan sewu dan air terjun Jumog yaitu Air Terjun Parang Ijo. Air terjun Parang Ijo dapat dijadikan pilihan tujuan wisata yang berikutnya. Lokasi Air Terjun Parang Ijo terletak di lereng Gunung Lawu Karanganyar, lebih tepatnya terletak di Desa Girimulyo.

Menurut cerita warga setempat,  Air Terjun Parang Ijo ini dulunya merupakan sebuah dusun. Di tempat tersebut ada pohon tua yang sangat besar yang mempunyai daun-daun yang hijau dan rindang. Pohon tersebut dianggap warga setempat keramat dikarenakan pohon tersebut sulit untuk ditebang. 

Tapi, keberadaan pohon yang keramat tersebut tidak bertahan sampai lama. Pohon tersebut tumbang dikarenakan banjir besar. Warga sekitar menamai banjir besar itu dengan nama "Baru Klinting".

Pohon besar yang tumbang tersebut ternyata dengan sendirinya kembali berdiri dengan kokoh & beraa di tempat yang baru setelah beberapa waktu setelah banjir bandang itu. Posisi pohon itu terletak diantara tebing-tebing atau parang, sehingga tercipta aliran air meluncur yang berasal dari atas tebing menuju ke arah lembah melalui batang-batangn pohon tersebut. Aliran air yang secara menerus, mengakibatkan pohon itu bertambah hijau & ditumbuhi dengan lelumutan. 

Bencana alam kembali melanda, pada tahun 1982 "Baru Klinting" atau banjir besar kembali melanda daerah yang ditumbuhi pohon keramat itu. Banjir besar saat itu benar-benar merobohkan dan memusnahkan pohon keramat yang berada di antara parang itu. Karena hal itu, aliran air yang awalnya hanya melewati dari batang-batang pohon keramat itu, kini aliran air langsung jatuh ke bawah tanpa  ada perantara apapun sehingga terbentuklah aliran air seperti aliran air terjun yang sekarang disebut dengan nama Air Terjun Parang Ijo. Maka, Parang ijo merupakan parang yang mempunyai warna hijau yang terletak diantara dua tebing.

Untuk datang ke Air Terjun Parang Ijo, Anda cukup mudah dan dapat memakai berbagai transportasi,. Karena akses jalannya sudah ada, hanya saja jalannya menanjak. 

Harga tiket di  Air Terjun Parang Ijo sangatlah murah hanya Rp 4.000,- per orang untuk dewasa & Rp 3.500,- untuk anak-anak. Di  Air Terjun Parang Ijo tidak memiliki banyak tangga yang harus dilalui seperti air terjun Grojogan Sewu untuk mencapai lokasi  Air Terjun Parang Ijo tersebut. Pemandangan di  Air Terjun Parang Ijo sangat memuaskan,hijau, asri, indah, tenang & sangat cocok untuk wisata sebagai tempat untuk menenangkan diri dan pikiran. 

Seperti halnya objek pariwisata pegunungan lainnya, Air Terjun Parang Ijo juga mempunyai udara  yang segar & sejuk yang masih alami.

 Happy Traveling & Have Fun Holiday.....


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}