Home » » Pantai Parangtritis : Icon Wisata Yogyakarta

Pantai Parangtritis : Icon Wisata Yogyakarta

Posted by Serba Serbi on Monday 16 February 2015


Pantai Parangtritis atau yang biasa disingkat "PARIS" terletak pada Jalan Parangtritis km 28, Yogyakarta.
Pantai Paris dapat dicapai dengan transportasi umum tapi hanya beroperasi sampai pukul 5 sore. Juga bisa dicapai dengan kendaraan pribadi.
Saat menjelang matahari terbenam merupakan waktu yang terbaik untuk datang ke pantai yang paling terkenal di daerah Yogyakarta dan sekitarnya ini. Tapi, apabila kalian tiba lebih awal, tidak ada salahnya naik ke Tebing Gembirawati yang terletak di belakang pantai paris. Dari tebing tersebut kalian dapat melihat area seluruh Pantai Paris dan laut selatan serta sampai ke batas cakrawala. 
Belum banyak orang yang mengetahui kalau di sebelah timur Tebing Gembirawati terdapat sebuah reruntuhan candi yang tersembunyi. Berbeda dengan candi pada umumnya yang berlokasi di daerah pegunungan, Candi Gembirawati terletak hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Paris. Menuju Candi Gembirawati, kalian dapat melewati jalan yang menanjak di dekat "Hotel Queen of the South" kemudian masuklah ke jalan setapak yang menuju ke arah barat sekitar kurang lebih 100 m. Terdengar sayup2 gemuruh ombak pantai selatan dari candi itu.

Pantai Paris sangat lekat dengan cerita legenda Ratu Nyi Roro Kidul. Banyak orang percaya kalau Pantai Paris merupakan pintu gerbang kerajaan ghaib Ratu Nyi Roro Kidul yang berkuasa di laut selatan. "Hotel Queen of the South" merupakan sebuah resort yang mempunyai nama sesuai legenda tersebut. Tapi sekarang resort tersebut sudah jarang buka padahal dahulu resort tersebut mempunyai pemandangan yang sangat luar biasa indahnya

Pantai Paris juga menyuguhkan kegembiraan bagi yang mereka berdarma wisata dengan keluarga tercintanya. Yaitu dengan bermain layang-layang bersama si buah hati yang juga tidak kalah mennggembirakan. Karena angin laut yang kencang sangat membantu layang-layang dapat terbang tinggi.

Having fun your holiday...!!


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}