Home » » Tugu Pahlawan Indonesia

Tugu Pahlawan Indonesia

Posted by Serba Serbi on Wednesday 11 February 2015



Tugu Pahlawan Surabaya merupakan monumen yang dijadikah markah di Kota Surabaya, Jawa Timur. Tugu Pahlawan Surabaya ini mempunyai tinggi kurang lebih 41,15 m yang bentuknya lingga (paku terbalik). 


Tubuh Tugu Pahlawan Surabaya ini mempunyai bentuk lengkungan atau Canalures sejumlah 10, dan juga mempunyai 11 ruas. Canalures, Ruas, dan tinggi, dan mempunyai  makna pada tanggal 10, bulannya 11, dan tahunnya 1945. 10 November 1945 merupakan tanggal yang mempunyai sejarah, tidak hanya untuk warga Surabaya, melainkan juga untuk seluruh masyarakat Indonesia. 


Tugu Pahlawan Surabaya didirikan dengan tujuan memperingati sebuah peristiwa penting yaitu Pertempuran pada tanggal 10-11-1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur yang mana masyarakat Surabaya berjuang mati-matian melawan pasukan tentara Sekutu dan Belanda yang akan menjajah Indonesia kembali. Setiap pada tanggal 10 November Monumen Tugu Pahlawan Surabaya menjadi titik perhatian masyarakat Indonesia untuk memperingati peristiwa penting pada tahun 1945 yang mana saat itu  pahlawan-pahlawan Indonesia banyak yang gugur dalam peperangan untuk kemerdekaan Republik Indonesia


0 comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}